Jumlah Nabi Dan Rasul

Jumlah nabi tidak terbatas dan jumlah Rasul yang diceritakan berjumlah 25 orang, lima diantaranya terkenal dengan nama Ulul 'Azmi sedangkan yang lain tidak dikisahkan. Hal ini berdasarkan hadis dari Abu Zar al-Gifari berikut ini artinya :

Dari Abu Zar, ia bertanya , "Wahai Rasulullah, berapa tepatnya para nabi?" Nabi Muhammad saw. Menjawab, "124.000 orang." "Dan berapa jumlah rasul ?" Nabi Muhammad saw. Menjawab," 315 orang." Suatu jumlah yang besar. (H.R.Ahmad)

Berdasarkan hadis di atas, Jumlah nabi ada 124.000 orang, sedangkan para rasul ada 315 orang. Di antara 315 orang rasul itu, ada 25 orang yang nama dan sejarahnya tercantum dalam Al-Qur'an dan mereka inilah yang wajib kita ketahui.

Walaupun dalam Al-Qur'an hanya disebut 25 nabi, kita tetap harus mengimani seluruh adanya nabi dan rasul yang tidak dikisahkan dalam Al-Qur'an.
Allah swt, Berfirman sebagai berikut artinya :

Dan sungguh, kami telah mengutus beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad), di antara mereka ada yang kami ceritakan kepadamu dan di antaranya mereka ada (pula) yang tidak kami ceritakan kepadamu.. (Q.S.al-Mu'min/40:78)

Selain 25 nabi yang disebutkan Al-Qur'an, terdapat dua nabi yang disebutkan Nabi Muhammad saw, yaitu Syits dan Yusya'.

Ada dua puluh lima nabi dan rasul itu adalah sebagai berikut :

1.Nabi Adam a.s. Bergelar Abu al-Basyar ( Bapak Semua Manusia) atau manusia pertama yang diciptakan Allah swt.

2.Nabi Idris a.s. Adalah keturunan ke-6 dari Nabi Adam a.s Beliau diangkat menjadi rasul setelah berusia 82 tahun. Beliau dilahirkan dan dibesarkan di sebuah daerah bernama Babilonia. Beliau adalah murid Nabi Syits a.s.

3.Nabi Nuh a.s. Adalah keturunan yang ke-10 dari Nabi Adam a.s Usianya mencapai 950 tahun. Umat beliau yang membangkang ditenggelamkan  Oleh Allah swt. dalam banjir yang dahsyat. Adapun beliau dan umatnya diselamatkan oleh Allah swt. Karena naik bahtera yang sudah dipersiapkan atas petunjuk Allah swt.

4. Nabi Hud a.s. Adalah seorang rasul yang diutus kepada bangsa 'Ad yang menempati daerah Ahqaf, suatu daerah yang terletak antara Yaman dan Aman (Yordania) sampai Hadramaut dan asy-Syajar. Wilayah itu berada di daerah Saudi Arabia.

5. Nabi Saleh a.s. Masih keturunan Nabi Nuh a.s. yang diutus kepada bangsa Samud. Beliau menempati daerah Hadramaut, yaitu daratan yang terletak antara Yaman dan Syam (Syiria). Kaum Samud sebenarnya masih keturunan kaum 'Ad.

6.Nabi Ibrahim a.s. Adalah putra Azar, pembuat berhala. Beliau dilahirkan di Babilonia, yaitu daerah yang terletak antara Sungai Eufrat dan Tigris, Sekarang termasuk wilayah Irak. Beliau berseteru dengan Raja Namrud singga dibakar dalam api yang sangat dahsyat. Namun, Nabi Ibrahim a.s. tidak mempan dibakar karena diselamatkan oleh Allah swt. Beliau juga dikenal sebagi abu anbiya' (Bapaknya Para Nabi) karena anak cicinya banyak yang menjadi nabi dan rasul. Syariat beliau banyak diamalkan oleh Nabi Muhammad saw, antara lain dalam ibadah haji, ibadah kurban, dan khitan.

7.Nabi Luth a.s. Merupakan keponakan dan sekaligus murid nabi Ibrahim a.s. Beliau diutus oleh Allah swt. kepada kaum sodom, bagian dari wilayah Jordania. Kaum Nabi Luth a.s. dihancurkan Allah swt. dengan hujan batu bercampur api karena kedurhakaan mereka, terutama perilaku mereka yang menyukai sesama jenis.

8.Nabi Ismail a.s. Adalah putra Nabi Ibrahim a.s. Beliau bersama ayahnya membangun (merenovasi) Ka'bah yang menjadi kiblat umat Islam. Beliau adalah anak yang ikhlas dikurbankan oleh ayahnya sehingga menjadi dasar pensyariatan ibadah kurban bagi umat Islam.

9. Nabi Ishaq a.s adalah putra Nabi Ibrahim a,s. dari istrinya yang bernama sarah. Jadi,  Nabi Ismail a.s. dengan Nabi Ishaq a.s adalah saudara sebapak, berlainan ibu.

10. Nabi Ya'qub a.s. Adalah putra Nabi Ishaq a.s. Beliau menurunkan 12 keturunan yang dikenal dalam Al-Qur'an dengan sebutan Al-Asbat. Mereka, di antaranya adalah Nabi Yusuf a.s. yang kelak menjadi raja dan rasul Allah swt.

11. Nabi Yusuf a.s adalah putra Nabi Ya'qub a.s. Beliau adalah nabi yang dikisahkan dalam Al-Qur'an sebagai seorang yang mempunyai paras tampan. Hal itu membuat banyak wanita tergila-gila melihat ketampanannya, termasuk Zulaikha, istri seorang pembesar Mesir.

12. Nabi Ayyub a.s. adalah putra Ish. Ish adalah saudara kandung Nabi Ya'qub a.s. yang berarti paman Nabi Yusuf a.s. Nabi Ayyub a.s. digambarkan dalam Al-Qur'an sebagai orang yang sabar. Beliau diuji oleh Allah swt. Dengan penyakit kulit yang sangat dahsyat, tetapi tetap bersabar dan beribadah kepada-Nya.

13.Nabi Zulkifli a.s adalah putra Nabi Ayyub a.s. Nama aslinya adalah Basyar. Beliau diutus sesudah Nabi Ayyub a.s. Allah swt, memberi nama Zulkifli karena beliau senantiasa melakukan ketaatan dan memeliharanya secara berkelanjutan.

14.Nabi Syu'aib a.s. Masih keturunan Nabi Ibrahim a.s. Beliau tinggal di daerah madyan, suatu perkampungan di daerah Mi'an  yang terletak antara syam dan Hijaz, dekat Danau Luth. Mereka adalah keturunan Madyan ibnu Ibrahim a.s.

15. Nabi Yunus a.s. Adalah keturunan Nabi Ibrahim a.s.  melalui bunyamin, saudara kandung Nabi Yunus a.s. Beliau diutus ke wilayah Ninive, daerah Irak. Dalam sejarahnya, beliau pernah ditelan ikan Paus selama tiga hari tiga malam kemudian diselamatkan oleh Allah swt.

16. Nabi Musa a.s. Masih keturunan Nabi Ya'qub a.s. Beliau diutus kepada Bani Israil. Beliau diberi kitab suci Taurat oleh Allah swt.

17. Nabi Harun a.s. adalah saudara Musa a.s. Mereka bersama-sama dakwah menyelamatkan Bani Israil dari Raja Fir'aun di Mesir.

18. Nabi Daud a.s. Adalah seorang panglima perang bani Israil yang diangkat menjadi nabi dan rasul oleh Allah swt. Beliau mendapat kitab suci Zabur. Beliau mempunyai kemampuan melunakkan besi dan suka tirakat, yaitu puasa dalam waktu yang lama. Caranya dengan berselang seling, sehari puasa sehari tidak.

19. Nabi Sulaiman a.s. adalah putra nabi Daud a.s. Beliau juga dikenal sebagai seorang raja yang kaya rayadan mampu berkomunikasi dengan jin dan binatang serta mampu memerintahkan angin.

20. Nabi Ilyas a.s. Adalah keturunan  Nabi Harun a.s. diutus kepada Bani Israil, Tepatnya di wilayah seputar sungai Yordan.

21. Nabi Ilyasa a.s. Berdakwah bersama Nabi Ilyas a.s. kepada Bani Israil.

22. Nabi Zakaria a.s. adalah seorang nabi yang dikenal sebagai pengasuh dan pembimbing Maryam di Baitul Madqis, Maryam adalah wanita suci yang kelak melahirkan nabi, yaitu Nabi Isa a.s.

23. Nabi Yahya a.s. adalah putra nabi Zakaria a.s. Kelahirannya merupakan keajaiban karena terlahir ketika kedua orang tuanya sudah berusia tua renta.

24. Nabi Isa a.s. adalah seorang nabi yang lahir dari seorang wanita suci, Maryam. Beliau lahir atas kehendak Allah swt. Tanpa seorang ayah. Beliau diutus oleh Allah swt. Kepada Bani Israil dengan membawa Kitab Injil.

25. Nabi Muhammad saw. adalah putra Abdullah. Beliau lahir dalam keadaan yatim di tengah-tengah masyarakat Arab jahiliyah. Beliau adalah nabi terakhir yang diberi wahyu Al-Qur'an sebagi kitab Suci terakhir.

Dari 25 nabi dan rasul itu ada yang mendapat julukan Ulul Azmi atau nabi/rasul yang memiliki ketabahan luar biasa dalam menjalankan kenabian-Nya. Mereka adalah Nabi Nuh a.s., Nabi Ibrahim a..s., Nabi Musa a.s., Nabi Isa a.s., dan Nabi Muhammad saw.

Terimakasih telah membaca Artikel Islam Dan Ilmu Hikmah

0 Response to "Jumlah Nabi Dan Rasul"

Posting Komentar